Minggu, 07 Oktober 2018

Strain Gurame Atau Jenis Gurame Lengkap Yang Cocok Di Budidayakan



Strain gurame atau jenis gurame banyak sekali. Bagi pemula tentu membedakan jenis gurame tersebut sangat sulit. Karena semua jenis gurame tersebut mempunyai ciri-ciri yang tidak jauh berbeda. Jika anda akan membudidayakan gurame, tentu harus mengetahui jenis-jenis gurame atau strain gurame yang tepat. Sehingga tidak salah pilih.

Untuk itu, kali akan aku berikan strain gurame atau jenis-jenis gurame yang lengkap.
Berikut ini infonya :


1. Gurame Angsa Atau Gurame Soang

Jenis Gurame Atau Strain Gurame yang pertama adalah jenis gurame angsa. Gurame ini biasa disebut gurame soang oleh masyarakat Jawa Barat. Jenis gurame ini mempunyai pertumbuhan yang cepat, tubuh cepat bongsor, besar dan panjang.

Sisik dari jenis gurame belibis atau soang berwarna putih abu-abu, dan mempunyai ukuran yang lebar. Panjang tubuh maksimal gurame soang atau gurame belibis 65 cm. Bobot per ekor mencapai 6 - 15 kg per ekor.
Merupakan jenis gurame atau strain gurame yang mempunyai pertumbuhan paling cepat.


2. Gurame Jepun

Jenis gurame ini mempunyai ciri-ciri tubuh agak pendek. Panjang maksimal dari jenis gurame jepun cukup umur adalah 45 cm. Sedangkan ukuran sisik tubuhnya tidak begitu besar, serta berwarna abu-abu atau kemerah-merahan.


3. Gurame Blausafir

Jenis gurame selanjutnya adalah jenis gurame blausafir. Warna jenis gurame ini seolah-olah dengan warna jenis porselin. Yaitu mempunyai warna merah muda cerah.
Namun ukuran gurame blausafir lebih besar dibandingkan dengan gurame porselin. Berat maksimal mencapai 2 kg per ekor. Selain itu, jumlah telur yang dihasilkan adalah sekitar 5.000 - 7.000 butir per ekor.


4. Gurame Paris

Induk gurame jenis paris mempunyai warna merah muda cerah. Namun sisik agak lebih halus.
Kepala berwarna putih dan terdapat bintik-bintik hitam. Ukuran tubuh lebih kecil dari jenis gurame porselin. Yaitu mempunyai bobot kurang dari 1,5 kg per ekor. Sedangkan produksi telurnya mencapau 5.000 - 6.000 butir per sarang.


5. Gurame Porselin

Jenis gurame selanjutnya adalah gurame porselin. Merupakan jenis gurame yang mempunyai keunggulan menghasilkan telur yang banyak. Yaitu bisa menghasilkan sampai 10.000 butir.

Gurame ini mempunyai ciri-ciri tubuh berwarna merah muda cerah, ukuran kepala relatif lebih kecil dari gurame jenis lainnya. Jenis gurame ini dijuluki "Top of The Pop" atau jenis gurame pilihan. Bobot tubuhnya mencapai 1,5 - 2 kg per ekor.


6. Gurame Bastar

Gurame bastar mempunyai ciri-ciri sisik besar, warna agak kehitaman dan kepala putih polos. Dalam satu keturunan, jenis gurame ini tumbuh lebih cepat dari varietas lainnya. Namun produksi telurnya kurang baik. Karena hanya bisa menghasilkan 2.000 - 3.000 butir telur per ekor.



7. Gurame Kapas

Jenis gurame ini memiliku warna tubuh putih keperakan dan sedikit agak hitam. Ukuran sisik yang besar dan agak kasar. Jenis gurame kepas mempunyai keunggulan benih yang cepat tumbuh. Jika anda memelihara secara intensif, jenis gurame ini bisa mencapai bobot 1 kg per ekor dalam kurun waktu 13 bulan terhitung semenjak telur menetas. Untuk indukan, kalau dipelihara selama 4 tahun akan menghasilkan bobot 4 kg. Sedangkan produksi telur mencapai 3.000 butir telur per sekali pijah.


8. Gurame Batu

Jenis gurame ini yang mempunyai pertumbuhan paling lambat. Jika dipelihara selama 13 bulan semenjak telur menetas, gurame ini hanya mempunyai bobot 0,5 kg saja. Sehingga tidak cocok untuk anda budidayakan.
Warna tubuh gurame kerikil hitam merata, sisik agak kasar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar