Kamis, 04 Oktober 2018

Pakan Ikan Cupang Yang Di Rekomendasikan Dan Bergizi Tinggi


Kualitas pakan ikan cupang tentu sangat penting untuk mendapat ikan cupang yang berkualitas. Banyak yang mencari pakan alternatif ikan cupang yang berasal dari alam. Dan sebetulnya pakan tersebutlah yang baik untuk ikan cupang. Terutama ikan cupang aduan.

Ada beberapa pakan ikan cupang yang di rekomendasikan. Antara lain sebagai berikut.

Pakan Alami Ikan Cupang

1. Jentik Nyamuk


Jentik nyamuk sanggup anda gunakan sebagai pakan alternatif yang mempunyai kandungan protein cukup tinggi dan sangat baik untuk ikan cupang. Jentik nyamuk sangat gampang ditemukan. Terlebih kalau trend hujan, berbagai jentik nyamuk pada genangan air.

Tidak semua jenis jentik nyamuk sanggup diberikan untuk ikan cupang. Hanya jentik nyamuk dalam bentuk larva yang sanggup anda berikan untuk pakan ikan cupang (posisinya terbalik di permukaan air). Jangan memperlihatkan jentik nyamuk yang berbentuk kepompong (bulat dan membelok). Jentik nyamuk jenis ini tidak baik untuk ikan cupang. Karena akan menciptakan perut ikan cupang buncit dan sanggup menjadikan ikan cupang mati.

Untuk menentukan jenis jentik nyamuk orisinil anda sanggup memakai air es. Biasanya jentik nyamuk akan karam dan lemas kalau dimasukkan kedalam air es. Karena dalam pencarian jentik nyamuk dialam tidak menutup kemungkinan mendapat jentik dari binatang lain.

2. Cacing Darah


Cacing darah atau biasa disebut dengan Bloodworm. Cacing darah merupakan salah satu jenis pakan ikan cupang yang mempunyai kandungan protein cukup tinggi. Perlu anda ketahui bahwa cacing darah bukan jenis cacing. Melainkan larva nyamuk jenis Chironomus sp. 

Ikan cupang biasanya tidak begitu menyukai pakan cupang jenis ini. Karena dipasaran biasanya menjual cacing darah dalam komdisi beku dan mati. Cara yang terbaik ialah memperlihatkan cacing darah dalam kondisi hidup. Namun jangan berlebihan, cacing darah tidak baik untuk ikan cupang. Karena sulit untuk di cerna.


3. Cacing Sutra


Cacing Sutra atau Red Water Worms juga sangat baik untuk ikan cupang. Cacing sutra mempunyai kandungan protein yang tinggi dan juga sanggup membantu pertumbuhan ikan cupang aduan dengan baik. Oleh alasannya ialah itu cacing sutra juga termasuk jenis pakan ikan cupang yang di rekomendasikan.

Cacing Sutra sangat gampang ditemukan di alam. Terutama di bantaran kali. Selain itu harganya juga sangat murah. Namun kekurangan dari pakan alami cupang yang satu  ini yaitu sanggup menciptakan air menjadi keruh. Untuk mengatasinya lakukan pembersihan terlebih dahulu sebelum diberikan untuk ikan cupang.

4. Kutu Air


Merupakan pakan alami terbaik ikan cupang yang gres menetas 4 hari. Kutu air mempunyai kandungan protein yang cukup tinggi. Namun sangat sulit untuk didapatkan di alam.bebas. Sehingga harganya pun juga sangat mahal. Biasanya jenis kutu air yang dipakai untuk pakan ikan cupang yaitu kutu air jenis Moina dan Daphnia.

5. Artemia


Artemia merupakan jenis binatang maritim dari keluarga udang. Artemia sanggup dikatakan udang yang tidak tepat di dalam embrio. Tidak banyak yang memperlihatkan pakan ini. Karena kalau takaran yang di berikan tidak tepat akan menciptakan ikan cupang mati. Selain itu Artemia merupakan binatang laut. Tentu mempunyai kandungan garam yang cukup banyak, sehingga tidak baik untuk ikan cupang.

6. Microworms


Microworms merupakan cacing halus yang sangat baik untuk pakan ikan cupang. Cacing ini sangat gampang dibudidaya. Sehingga anda hanya perlu membeli sekali dan menaruhnya untuk mendapat stok pakan selamanya.

Microwoms sangat di anjurkan untuk pakan burayak ikan cupang yang sedang dalam masa-masa kritis. Yaitu pada dikala burayak kehabisan kantong telur cadangan makanan.

Microwoms sangat aktif bergerak didalam air, sehingga sanggup menarik perhatian burayak untuk memakannya. Selain itu, burayak yang di berikan pakan mocrowoms mempunyai laba yaitu meningkatkan pertumbuhan, mencerahkan warna tubuhnya, dan meningkatkan kesehatan.


7. Kuning Telur


Pakan ikan cupang yang selanjutnya yaitu kuning telur. Pakan ikan cupang jenis ini sanggup anda berikan untuk burayak yang berumur 3 - 4 hari. Untuk menggantikan kutu air atau Microworms.

Pakan ikan cupang jenis ini juga sanggup dipakai untuk pakan cupang dewasa. Namun tidak diperbolehkan dalam jumlah yang banyak. Karena akan berakibat pada kualitas air.


Pakan Buatan Ikan Cupang


Pakan buatan ikan cupang sanggup menjadi alternatif pakan ikan cupang kalau pakan alami sulit ditemukan. Pakan buatan sebetulnya tidak direkomendasikan. Namun masih banyak yang memakai pakan buatan.

Pakan buatan untuk ikan cupang biasanya dibentuk sendiri oleh pembudidaya cupang. Biasanya berasal dari cacing sutra yang di fermentasi. Untuk takaran santunan pakan buatan yaitu sebanyak 2 - 3 kali dalam sehari. Pastikan ikan cupang tersebut akan habis dalam waktu 10 - 15 menit.

Dalam santunan pakan, sebaiknya jangan terlalu banyak. Karena kalau terlalu banyak maka pakan tersebut akan tersisa. Sehingga akan menciptakan air menjadi kotor. Dan akan menciptakan ikan cupang terserang penyakit. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar