Kamis, 04 Oktober 2018

Cara Melatih Mental Ikan Cupang Aduan Yang Tepat


Cara melatih mental ikan cupang aduang supaya ganas dan sanggup juara bergotong-royong sangat mudah. Namun anda harus melakukannya dengan benar. Karena melatih mental ikan cupang aduan dengan cara yang tidak tepat akan menciptakan ikan cupang menjadi stress.

Melatih mental ikan cupang juga tidak sanggup dilakukan dalam sekaligus. Yaitu harus bertahap, sehingga perkembangan mental ikan cupang sanggup lebih baik dan sempurna.
Berikut ini cara melatih mental ikan cupang yang benar.

Melatih Mental Ikan Cupang Tahap Pertama


Hari Pertama 

Siapkan toples dengan air sebanyak ½ bagian. Campur dengan daun ketapang dan sedikit garam supaya tidak tumbuh jamur. Masukan ikan cupang kedalam toples. Jangan pribadi di isi air hingga penuh, sebab akan menciptakan ikan cupang kaget dan stress.

Hari Kedua 

Melatih mental ikan cupang aduan pada hari kedua dengan cara membuka sekat. Jika anda galau sekat apa yang dibuka. Akan kami jelaskan.

Sekat itu yaitu pembatas ikan cupang satu dengan ikan cupang yang lainnya. Sehingga dikala sekat itu dibuka ikan cupang akan saling menatap dan galak. Jika anda memelihara satu cupang satu tempat. Dekatkan saja. Atau sanggup di taruh didepan cermin.

Setelah ikan bersikap galak, langkah selanjutnya lakukan pemutaran. Bertujuan supaya ikan cupang sanggup berenang dan bertahan dalam sedikit arus. Untuk simulasi arus air dikala berlaga.
Jangan terlalu lama, yang terpenting ikan cupang tidak hingga mengalami stress.

Langkah selanjutnya istirahatkan ikan cupang kedalam toples yang di isi dengan air penuh. Tambahkan daun ketapang supaya terjaga kebersihannya. Berikan epilog melingkar, sanggup memakai kertas karton.

Setelah sore hari, buka epilog tersebut untuk simulasi tatap muka dengan musuh. Usahakan membuka ⅓ pecahan saja selama 10 - 15 menit.
Setelah itu beri makan ikan cupang dan istirahatkan kembali.

Hari Ketiga 

Pada hari ketiga, cara melatih mental ikan cupang aduan sama dengan pada hari kedua. Namun cukup hingga pada tahap pemutaran toples saja.

Setelah tahap tersebut selesai, langkah selantunya untuk melatih mental ikan cupang yaitu dengan memasukan ke jantur. Jantur yaitu bak khusus dengan ukuran kecil namun memanjang. Seperti pada gambar. Sebaiknya ukuran jantur tidak kurang dari 50 cm. Yang bertujuan untuk melatih pernafasan.

Gambar Jantur Ikan Cupang

Pilih jantur yang berbentuk balok. Setelah cupang dimasukan ke dalam jantur. Air dijantur pastikan sudah di campur dengan Methylene Blue.

Langkah selanjutnya untuk melatih mental cupang yaitu sesudah sore hari lakukan pemasang sekat miring pada jantur. Selama 10 - 15 menit saja. Setelah itu istirahatkan kembali ikan cupang. Jangan lupa untuk di beri makan.

Hari Ke Empat Sampai Ke Delapan

Langkah melatih mental ikan cupang pada hari ke empat hingga hari ke tujuh yaitu dengan melaksanakan penyekatan miring. Lakukan setiap hari selama 10 - 15 menit saja dalam sehari. Air tetap di campur dengan daun ketapang. Setelah itu pindahkan ikan cupang ke kawasan yang lebih gelap.

Hari Ke Sembilan 

Langkah melatih mental ikan cupang aduan pada hari ke sembilan yaitu dengan membuka tutup sekat. Agar ikan cupang menjadi cukup galak. Setelah ikan cupang dirasa cukup galak. Pindahkan ke dalam botol adu/botol trek.

Setelah semua langkah dasar diatas selesai. Selanjutnya lakukan latihan intensif terhadap mental ikan cupang. Latihan ini bertujuan untuk melatih mental ikan cupang aduan supaya juara dalam laga atau kontes.


Melatih Mental Ikan Cupang Aduan Tahap Kedua

Melatih mental ikan cupang aduan tahap kedua ini merupakan latihan lanjutan dan merupakan latihan yang paling memilih untuk melatih mental ikan cupang aduan tersebut.

Bahan-bahan :
  1. Dua buah botol. Lebih baik memakai akuarium mini 
  2. Ikan cupang yang akan dilatih mentalnya dan ikan cupang yang sudah mempunyai mental 
  3. Cermin 
  4. Pakan ikan cupang hidup (cuk atau jentik nyamuk)
  5. Lidi 
  6. Karet berwarna hijau (wajib)

Langkah-langkah melatih mental cupang aduan :
  1. Letakkan bersebelahan antara ikan cupang yang akan dilatih dengan ikan cupang yang sudah mempunyai mental. 
  2. Letakkan juga cermin di depan ikan cupang yang sudah mempunyai mental 
  3. Siapkan lidi yang telah di lilit karet gelang berwarna hijau pada ujungnya. 
  4. Pastikan ikan cupang yang sudah mempunyai mental menghadap ke cermin atau ke cupang yang akan dilatih 
  5. Siapkan pakan hidup didekat akuarium ikan cupang yang sudah mempunyai mental 
  6. Masukan lidi yang telah di lilit karet  kedalam akuarium ikan cupang yang sudah mempunyai mental. 
  7. Biasanya cupang akan ngedok atau mengawasinya 
  8. Jika ikan cupang mematuk karet tersebut, berikan bonus cuk atau pakan hidup. 
  9. Lakukan berulang-ulang dengan tujuan memperlihatkan sifat ingin tau terhadap ikan cupang yang sedang anda latih.
  10. Latihan ini dilakukan setiap hari sebelum makan. 
  11. Dalam beberapa kesempatan, lakukan juga latihan ini terhadap ikan cupang yang akan dilatih mentalnya hingga mempunyai mental yang ganas. 
Tujuan dari training diatas yaitu untuk membentuk sifat iri pada ikan cupang aduan yang sedang dilatih mentalnya. Sehingga rasa iri tersebut akan menjadi rasa ingin tau yang alhasil menciptakan ikan cupang tersebut mengikuti gerak-gerik ikan cupang aduan yang telah mempunyai mental.

Cara ini akan memakan waktu, mungkin beberapa ahad bahkan sanggup hingga satu bulan lebih. Lakukan dengan sabar dan sedikit demi sedikit supaya mental ikan cupang aduan anda mempunyai mental yang ganas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar