Sabtu, 06 Oktober 2018

Membudidayakan Ikan Gurame Dan Ikan Nila Dalam 1 Kolam


Bagaimana cara membudidayakan ikan gurame dengan ikan nila dalam satu bak ?
Karena kedua ikan tersebut sama-sama mempunyai sifat yang omnivora. Dimana ikan gurame sanggup diberikan pakan berupa hijauan, menyerupai daun talas, daun singkong ataupun daun pepaya. Sedangkan ikan nila juga sanggup diberikan pakan hijauan menyerupai ikan gurame.

Banyak yang beranggapan bahwa bak ikan gurame akan meninggalkan banyak lumut. Terlebih dikala sering diberikan pakan hijauan yang berupa daun-daunan. Sehingga lumut yang dihasilkan dari acara ikan gurame tersebut sanggup dipakai sebagai pakan alami ikan nila. Dari anggapan tersebut maka ikan nila sanggup tumbuh besar tanpa harus memperlihatkan pakan khusus menyerupai pelet dan lain-lain.

Dari pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan oleh pembudidaya ikan gurame maupun ikan nila, tentang "apakah ikan gurame sanggup dibudidayakan dengan ikan nila secara bersamaan dalam satu kolam". Berikut ini kesimpulan yang mungkin sanggup membantu menjawab pertanyaan tersebut :

1. Segi kolam

Dari segi bak tentunya ikan gurame dan ikan nila tidak mempunyai perbedaan yang mencolok. Bahkan keduanya kemungkinan besar sanggup dibudidayakan dalam satu kolam.

Namun hambatan yang mungkin terjadi yaitu tingkat kekeruhan air bak pada ikan gurame yang sering diberikan pakan pemanis berupa daun-daunan. Hal tersebut akan menjadikan limbah pakan yang berupa lumut. Jika terlalu banyak lumut maka air terlalu keruh, sehingga sinar matahari tidak sanggup menembus dasar kolam.

Mungkin hal ini tidak kuat terhadap ikan gurame, alasannya yaitu ikan gurame sudah terbiasa dengan kondisi air yang menyerupai itu. Namun untuk ikan nila, kondisi air yang penuh dengan lumut tentu akan sedikit mengganggu. Dapat ditandai bahwa dikala ikan nila dibudidayakan dengan ikan gurami dalam satu kolam. Banyak sekali ikan nila yang sering mengambil udara di atas permukaan air kolam. Hal ini dipicu oleh kondisi air bak tersebut yang keruh alasannya yaitu penuh dengan lumut hasil limbah pakan ikan gurame.

2. Pakan

Dilihat dari segi pakan, ikan gurame dan ikan nila tidak mempunyai perbedaan yang cukup signifikan. Karena kedua ikan ini termasuk ikan yang omnivora.

Ikan nila juga sanggup diberikan pakan yang berupa dedaunan menyerupai ikan gurame. Sebaliknya ikan gurame juga sanggup diberikan pakan pabrikan menyerupai makan ideal ikan nila. Sehingga bila dilihat dari segi pakan, maka ikan gurame dan ikan nila sanggup dibudidayakan dalam satu kolam.

3. Pertumbuhan

Dari segi pertumbuhan kedua ikan ini tentu mempunyai perbedaan yang cukup signifikan. Sehingga bila dilihat dari pertumbuhan, maka ikan nila dan ikan gurame tidak disarankan untuk dibudidayakan dalam satu kolam.

Selain itu, pertumbuhan ini tentu dipengaruhi oleh administrasi pakan yang diberikan oleh pembudidaya. Satu problem yang akan terjadi yaitu dikala ikan nila diberikan pakan pabrikan dengan jumlah yang ideal, maka pakan tersebut akan kuat pada pertumbuhan ikan gurame yang tidak ideal. Karena ikan gurame tidak cocok apabila terlalu banyak diberikan pakan pabrikan. Apabila tetal memaksakan untuk memperlihatkan pakan pabrikan dalam jumlah banyak, akan mengakibatkan ikan mengalami pembengkakan dan menjadikan luka pada badan ikan gurame.

Sedangkan bila diberikan pakan hijauan menyerupai daun talas, daun singkong dan daun pepaya. Maka yang terjadi yaitu pertumbuhan ikan nila yang sangat lambat. Selain itu kualitas air yang kurang baik. Karena ikan akan menjadi keruh. Hal ini akan menciptakan ikan nila sulit untuk mendapat pertumbuhan yang ideal

Sehingga bila dilihat dari segi pertumbuhan, maka ikan gurame dan ikan nila tidak cocok untuk dibudidayakan dalam satu kolam.

Dari 3 pembahasan di atas sanggup disimpulkan bahwa dalam skala bisnis budidaya ikan gurame dan ikan nila dalam satu bak tidak direkomendasikan. Karena akan berdampak pada pertumbuhan kedua jenis ikan tersebut yang tidak maksimal.

Lebih baik anda membudidayakan salah satu dari kedua jenis ikan tersebut. Namun apabila hanya bertujuan untuk membersihkan air kolam, maka ikan gurame sanggup dibudidayakan dalam satu bak dengan ikan nila. Dalam catatan ikan nila tidak dalam jumlah yang banyak. Dan pakan yang diberikan merupakan pakan ideal untuk ikan gurame..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar