Senin, 01 Oktober 2018

Lebih Menguntungkan Budidaya Ikan Hias Atau Ikan Konsumsi

Budidaya ikan yang menguntungkan

Pertanyaan seputar budidaya ikan kerap dilontarkan oleh pembudidaya yang akan mulai menggeluti perjuangan di bidang perikanan. Terutama bagi wirausaha pemula yang gres terjun di dunia ini.

Biasanya mereka mengalami hambatan untuk menentukan jenis budidaya ikan hias atau ikan konsumsi.

"Lebih untung ikan hias atau ikan konsumsi ?"

Pertanyaan itu yang sering keluar saat akan mulai menyebarkan perjuangan budidaya perikanan.

Memang untuk menentukan menguntungkan budidaya ikan hias atau ikan konsumsi sangatlah sulit. Karena intinya kedua jenis budidaya perikanan ini sama-sama menunjukkan laba yang besar apabila diperoleh dengan maksimal. Sehingga semua itu sebetulnya tergantung dari orangnya atau pembudidayanya.

Untuk mengulas lebih dalam perihal pertanyaan lebih menguntungkan budidaya ikan hias atau ikan konsumsi. Berikut ini uraian yang sanggup anda cermati dan menjadi acuan untuk mengambil keputusan.

1. Budidaya Ikan Hias 

Budidaya ikan hias mulai banyak dikembangkan dibeberapa daerah. Dengan bermacam-macam jenis ikan hias air tawar yang mulai di ekspor ke mancanegara. Sehingga mereka para pembudidaya mengaku mempunyai penghasilan lebih dari hasil perjuangan budidaya ikan hias tersebut.

Apabila anda menanyakan seberapa menguntungkan budidaya ikan hias ini ?

Tentu sangat menguntungkan. Kelebihan dari budidaya ikan hias dibanding ikan konsumsi yaitu biaya produksinya ibarat pakan yang tidak terlalu mahal. Selain itu, tempat yang diperlukan juga tidak begitu luas. Terlebih bila anda menentukan jenis budidaya ikan huas dengan ukuran kecil - sedang. Seperti ikan guppy, koki, dan cupang.

Keuntungan lain yang menciptakan ikan hias banyak dibudidayakan harga jualnya yang jauh lebih mahal dibandingkan dengan ikan konsumsi. Mungkin kita melihat bahwa ikan cupang hanya di hargai sekitar Rp 2.000,- saja per ekor.

Coba kita cermati, harga tersebut yaitu harga per ekor. Apabila di hitung harga perkilo maka harga ikan cupang sanggup lebih mahal dibandingkan dengan ikan konsumsi ibarat ikan lele atau patin.

Disisi lain, terlepas dari faktor pakan yang murah dan harga yang mahal. Kendala yang sering menciptakan budidaya ikan hias lesu yaitu proses pemasaran yang kurang menggairahkan. Rata-rata para pembudidaya pemula yang terjun di dunia ikan masih kesulitan dalam mencari biro atau pembeli ikan hias dalam jumlah banyak.

Selain itu, beberapa ikan hias tentu membutuhkan perawatan super rumit semoga sanggup berkembang dengan maksimal. Namun jangan khawatir, ikan hias dengan perawatan yang sulit tentu juga akan besar lengan berkuasa dalam harga jual yang sangat mahal.

Untuk keseluruhan budidaya ikan hias sangat menguntungkan. Terlebih bila anda mempunyai kolega untuk memasarkan hasil budidaya ikan hias yang sedang anda tekuni.

2. Ikan Konsumsi 

Untuk budidaya ikan konsumsi tentu mempunyai beberapa kelebihan dibandingkan dengan budidaya ikan hias. Diantaranya yaitu :
  • Proses pemasaran yang cepat
  • Bahan pakan yang gampang didapat
  • Tidak membutuhkan perawatan yang ekstra, meskipun bila dilakukan akan lebib baik
  • Tersedia teknologi gres untuk membudidayakannya 
  • Bibit gampang didapat dan semakin tahun semakin meningkat kualitasnya
Mungkin faktor yang sanggup menciptakan kerugian yaitu harga pakan yang naik turun dan tidak di imbangi dengan kualitas dari pakan itu sendiri.

Untuk pemasaran jangan diragukan, alasannya yaitu hampir semua jenis ikan konsumsi sangat digemari oleh masyarakat umum. Sehingga tidak perlu risau sehabis masa panen tiba.

Secara keseluruhan juga sangat menguntungkan. Hanya saja tingkat resiko kegagalan juga sedikit lebih besar dibandingkan dengan budidaya ikan hias. Karena proses pemasarannya yaitu per kilogram. Sehingg apabila ikan gagal tumbuh dengan maksimal. Maka kemungkinan besar akan mengalami kerugian.

Jika anda dihadapkan dengan keputusan untuk menentukan budidaya ikan hias atau ikan konsumsi. Mungkin pilihan membudidayakan ikan konsumsi sanggup menjadi alternatif untuk anda.

Karena tidak hanya proses pemasaran yang cepat. Namun apabila dikelola dengan maksimal, budidaya ikan konsumsi akan sangat menguntungkan. Hanya saja membutuhkan waktu yang full time.

Jika anda yaitu pegawai swasta atau sedang bekerja. Sebaiknya pilih saja budidaya ikan hias. Karena waktunya lebih fleksibel dibanding ikan konsumsi.

Itulah pembahasan perihal lebih untuk budidaya ikan hias atau ikan konsumsi. Semoga sanggup membantu anda dalam mengatasi persoalan dalam pemilihan jenis perjuangan budidaya perikanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar