Sabtu, 06 Oktober 2018

Pakan Alternatif Budidaya Gurame Untuk Menekan Biaya Produksi



Pakan alternatif pada budidaya gurame bahu-membahu sangat banya. Pakan alternatif tersebut memang dianjurkan untuk dipakai dalam perjuangan budidaya ikan gurame. Alasannya ialah untuk menekan biaya produksi.
Karena kalau diberikan pakan pelet atau pakan pabrikan terus-menerus, maka akan membutuhkan jumlah pakan yang banyak dan tidak murah. Karena ikan gurame itu sendiri pertumbuhannya sangat lambat.

Pakan alternatif untuk budidaya gurame namun hal tersebut tentu harus Anda pertimbangkan. Apakah sanggup memenuhi standar protein yang diharapkan oleh ikan gurami tersebut atau tidak?
Tentu hadirnya pakan alternatif ini sangat membantu para pembudidaya yang kesulitan untuk mendapat pelet atau sulit untuk mendapat materi pakan yang sanggup di olah menjadi pelet untuk pakan ikan.

Beberapa daun atau hijauan yang sanggup anda gunakan untuk pakan alternatif ikan gurame sebagai berikut :
  • Daun pepaya (carica papaya)
  • keladi (colocasia esculenta)
  • Ketela pohon (manihot utilissima)
  • Genjer (limnocharts flava)
  • Kangkung (Ipomea reptans)
  • Ubi jalar (Ipomea batatas)
  • Mentimun (cucumis sativus)
  • Labu (cucurbita moschata)
  • Dadap (erythrina SP)

Namun pakan alternatif untuk ikan gurame yang paling baik ialah jenis dari daun keladi dan daun pepaya. Daun pepaya tersebut sangat baik untuk membangkitkan nafsu makan pada ikan gurame.
Namun pertolongan dalam jumlah yang terlalu banyak akan mengakibatkan penyakit pada ikan gurame itu sendiri, terutama kalau dalam keadaan mentah.

Getah dari daun pepaya sanggup mengakibatkan penyakit pada ikan gurame yaitu cacar pada ikan. Oleh alasannya ialah itu pertolongan daun pepaya sebaiknya dikeringkan atau direbus terlebih dahulu. Sedangkan untuk pertolongan daun keladi tidak mempunyai dilema yang cukup berarti.

Yang harus anda perhatikan dalam pertolongan pakan alternatif untuk ikan gurame yaitu pada indukan ikan gurame. Indukan ikan gurame yang diberikan pakan daun ubi jalar atau ampas-ampasan berdasarkan para petani dari Jawa Barat akan mengakibatkan indukan sulit untuk bertelur.
Sehingga sebaiknya Anda menghindari dua jenis pakan alternatif ini.

Namun kalau anda tetap ingin memperlihatkan pakan alternatif berupa daun ubi jalar atau ampas-ampasan. Sebaiknya diberikan pada benih gurame yang sedang dibesarkan, jangan diberikan pada calon induk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar