Kamis, 04 Oktober 2018

Cara Merawat Ikan Cupang Aduan Semoga Juara

Ada beberapa cara untuk merawat ikan cupang aduan yang harus dilakukan semoga cupang sanggup berkembang dengan baik. Selain itu, nutrisi yang di perlukan oleh ikan cupang aduan juga harus terpenuhi semoga ikan cupang tersebut sanggup hidup dengan kualitas yang baik.

Merawat ikan cupang aduan semoga selalu menang dalam kontes sabung cupang memang tidak mudah. Namun bisa anda pelajari dengan cara berikut ini.

Merawat Ikan Cupang Aduan 

1. Sumber Air 

Sumber air yang baik sangat di perlukan untuk merawat ikan cupang semoga tanggung ketika di adu. Air yang anda gunakan sebaiknya tidak asal-asalan dan juga memenuhi kriteria untuk ikan cupang itu sendiri.
Ada 3 jenis sumber air yang sanggup anda gunakan. Diantaranya :

  • Air Sungai 
Air sungai sanggup anda gunakan sebagai sumber air untuk memelihara atau merawat ikan cupang aduan. Namun untuk memakai sumber air dari sungai tentu anda harus menyaringnya terlebih dahulu memakai ijuk atau zeloit. Setelah itu endapkan selama semalam semoga air benar-benar bersih.

  • Air Ledeng 
Air ledeng atau air irigasi persawahan juga sanggup dipakai untuk memelihara ikan cupang. Namun perlu di ketahui bahwa air ledeng mempunyai kandungan zat klorin yang cukup banyak. Sehingga perlu anda netralisir memakai larutan K2S2O3. Lalu endapkan selama semalam. Dan di aerasi minimal 8 jam.

  • Air Sumur 
Air sumur memang terlihat bersih, namun tidak menutup kemungkinan bahwa air sumur juga mengandung larutan yang sama dengan air ledeng. Sehingga anda perlu melaksanakan netralisir terlebih dahulu.

Jika anda memakai sumber air selain dari sumber air diatas, tentu tidak menutup kemungkinan akan mengandung gas CO2 dan H2S serta mineral dan koloid. Sehingga anda tetap harus melaksanakan netralisir. Selain itu perlu juga di endapkan dan di aerasi sebelum digunakan.

2. Tingkat Keasaman Air 

Tingkat keasaman air yang anda gunakan untuk memelihara cupang tentu harus mempunyai batas PH yang ideal. Untuk ikan cupang, PH air yang ideal ialah berkisar antar 6,2 – 7. Jika anda memakai air tanah, air tanah yang ada di Indonesia biasanya mempunyai kandungan PH 5,2 – 6,8. Sehingga anda perlu menambahkan Kapur Bordo sebanyak 2 ml per liter air untuk menetralkan PH air tersebut. Jika PH air yang akan anda gunakan bersifat asam, maka anda sanggup memakai daun ketapang.

Selain PH, anda perlu meperhatikan kandungan Nitrit dan Amoniak yang ada dalam air. Untuk merawat ikan cupang aduan semoga tangguh tentu anda tidak sanggup asal-asalan. Jika kandungan Amoniak dalam air terlalu tinggi. Maka akan menimbulkan ikan cupang aduan mabuk atau keracunan. Sedangkan amoniak itu sendiri merupakan gas buang dari ikan cupang itu sendiri. Atau bisa di katakan kotoran ikan cupang tersebut.

Selain itu ada nitrit. Untuk merawat ikan cupang aduan semoga tangguh dan juara anda harus memperhatikan kandungan nitrit ini dalam air yang digunakan. Nitrit juga sanggup menciptakan ikan menjadi mabuk atau keracunan. Bahkan lebih berbahaya dari amoniak. Karena nitrit merupakan gas dari hasil perombakan amoniak itu sendiri.

3. Pemberian Pakan 

Pada budidaya ikan cupang, tunjangan pakan tentu wajib dilakukan. Terlebih untuk merawat ikan cupang aduan semoga tangguh ketika di adu.
Pakan itu sendiri terbagi menjadi 2 jenis. Yaitu pakan alami dan juga pakan buatan.

  • Pakan Alami 
Pakan alami merupakan pakan yang berasal dari alam. Biasanya berupa hijauan. Namun ada juga yang berasal dari hewani.

  • Pakan Buatan 
Pakan buatan merupakan pakan yang diproduksi oleh pabrik. Namun pakan ini tidak terlalu di rekomendasikan untuk pakan cupang aduan. Terlebih jikalau cupang aduan yang di rawat semoga tangguh ketika di adu.
Namun pakan buatan juga bisa anda gunakan jikalau pakan alami sulit di temukan.

Itulah garis besar cara merawat ikan cupang aduan semoga tangguh ketika di adu. Selain itu, anda harus memperhatikan kesehatan ikan cupang aduan. Agar ikan cupang aduan sanggup juara ketika ikut kontes.

Bagian yang paling penting jikalau anda menginginkan ikan cupang aduan selalu menang dalam kontes. Lakukan latihan untuk mengasah kemampuan ikan cupang aduan itu sendiri. Semakin cupang tersebut terlatih, maka semakin besar kemungkinan ikan cupang aduan akan selalu menang dalam kontes.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar