Senin, 01 Oktober 2018

Cara Memelihara Ikan Mas Koki Tanpa Aerator Dan Oksigen

Memelihara Ikan Mas Koki Tanpa Aerator Dan Oksigen 

Memelihara ikan mas koki tanpa aerator atau oksigen ialah memberi jalan kematian yang cepat untuk ikan mas koki tersebut. Begitulah pernyataan bagi setiap orang.

Pernyataan di atas memang berasal dari pengalaman banyak orang. Mereka menemui berbagai ikan mas koki yang mati akhir dipelihara dalam akuarium tanpa aerator. Sehingga mereka menyampaikan bahwa memelihara ikan mas koki dalam akuarium tanpa aerator akan menimbulkan ikan mas tersebut mati secara perlahan.

Sebenaranya ikan mas koki sanggup bertahan hidup lebih usang di dalam akuarium meskipun tanpa aerator. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan semoga ikan mas koki sanggup bertahan lama. Karena bila kondisi oksigen terlarut dalam air sedikit tentu saja hampir semua jenis ikan hias akan mati.

Untuk itu, berikut ini tips memelihara ikan mas koki tanpa aerator :


1. Ganti Air 

Jika anda tidak memakai aerator, terlebih dalam pemeliharaan di akuarium. Tentu kandungan oksigen terlarut yang sanggup diserap oleh ikan mas koki sangat sedikit. Hal inilah yang menimbulkan ikan mas koki lebih gampang stress dan mati.

Solusinya ialah sering mengganti airnya. Karena air yang masih fresh mempunyai kandungan oksigen terlarut  relatif lebih banyak. Sehingga ikan mas koki sanggup bertahan hidup lebih lama.

Sedangkan bila ikan mas koki dipelihara dalam bak yang tidak mengecewakan luas. Tidak memakai aerator atau oksigen biasanya ikan mas koki masih sanggup bertahan hidup. Seorang pembudidaya ikan mas koki asal Lampung banyak yang tidak memakai aerator pada bak ikan mas kokinya.

Namun lebih disarankan tetap memakai aerator. Terlebih bila anda memelihara ikan mas koki di dalam akuarium.

2. Mengurangi Volume Air 

Cara ini juga sanggup anda gunakan dikala memelihara ikan mas koki tanpa aerator atau oksigen. Alasannya ialah semoga udara luar sanggup lebih gampang menggerakan permukaan air. Sehingga kandungan oksigen terlarut dalam air tetap terjaga.

Seperti yang kita ketahui bahwa gerakan atau percikan air sanggup menangkap oksigen di udara. Atas dasar inilah pengurangan volume air dilakukan. Biasanya volume air yang tidak begitu banyak atau tidak terlalu dalam ini banyak ditemui pada bak budidaya ikan mas koki.

Selain itu, bila volume air dalam bak atau akuarium dikurangi. Ikan mas koki tidak perlu berenang terlalu banyak dalam mengambil oksigen di udara. Sehingga sanggup menghemat penggunaan oksigen.

3. Jaga Suhu Air 

Menjaga suhu air juga sangat disarankan bila anda memelihara ikan mas koki tanpa aerator. Karena suhu air yang sejuk mempunyai daya ikat oksigen yang tinggi dibandingkan dengan suhu air yang tinggi.

Oleh alasannya itu, berbagai pembudidaya ikan mas koki banyak yang menutup kolamnya dengan pelepah kelapa atau materi lain semoga lebih sejuk.

Itulah cara untuk memelihara ikan mas koki tanpa aerator atau oksigen. Yang terang apabila anda memelihara ikan mas koki tanpa aerator di bak yang cukup luas. Peluang hidup ikan mas koki tersebut sangat tinggi. Berbeda bila anda memeliharanya di akuarium.

Beberapa poin penting yang harus anda perhatikan apabila memelihara ikan mas koki tanpa aerator atau oksigen yaitu sebagai berikut :
  • Semakin padat ikan, semakin banyak penggunaan oksigen terlarut dalam.air. oleh alasannya itu, lebih baik kurangi kepadatan terutama bila memelihara ikan mas koki beliau akuarium tanpa aerator
  • Semakin suhu tinggi semakin berkurang daya ikat air terhadap oksigen dan sebaliknya
  • Air yang bergerak dan gemericik cenderung sanggup mempertahankan oksigen terlarut lebih usang bahkan menangkap oksigen di udara
  • Semakin ikan banyak bergerak semakin banyak juga konsumsi oksigen
  • Suhu yang rendah cenderung menurunkan tingkat metabolisme ikan sehingga ikan tidak banyajk bergerak dan mengurangi penggunaan oksigen terlarut

Itulah tips lengkap untuk anda. Semoga sanggup membantu memelihara ikan mas koki diakuarium tanpa aerator atau di bak biasa. Yang terpenting ialah kebersihan dan kesehatan kawasan tinggal ikan tersebut. Sehingga ikan mas koki sanggup bertahan hidup dan berkembang dengan baik.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar