Jumat, 05 Oktober 2018

Apakah Harga Emas Akan Selalu Naik ?


Pertanyaan para investor yang sering dilontarkan terhadap salah satu jenis ivestasi ialah emas. Terlebih investor pemula, mereka menanyakan "Apakah Harga Emas akan Selalu Naik ?"

Harga emas memang mempunyai kenaikan secara perlahan. Dan bila dilihat dari grafiknya memang mengatakan pergerakan yang positif. Sehingga dari tahun ke tahun harga emas selalu naik.

Jadi sudah terjawab bukan pertanyaan "apakah harga emas akan selalu naik ?"

Grafik emas dari tahun ke tahun

Dilihat dari grafik tentu anda sudah sanggup menganalisis dan mengambil kesimpulan apakah harga emas akan selalu naik atau tidak. Sehingga anda sanggup melaksanakan investasi emas tanpa harus memikirkan terhadap kenaikan harga emas itu sendiri.

Namun perlu anda ketahui bahwa investasi emas tidak menguntungkan bila dilihat dari segi "Untung - Rugi".
Sehingga, perlu anda pertimbangkan apakah tujuan anda membeli emas.

Beberapa hal ini harus anda ketahui sebelum membeli emas :

1. Harga Emas Akan Selalu Naik Tapi Anda Tidak Mendapat Keuntungan

Harga emas akan selalu naik setiap tahunnya. Hal ini dibuktikan oleh grafik diatas yang mengatakan kenaikan harga dari tahun ke tahun. Meskipun mengalami kenaikan, anda tidak akan mendapat keuntungan.

Mengapa ?

Hal ini berbanding lurus dengan sifat emas yang mempunyai nilai tetap. Artinya, ketika anda menjual emas 1 gram seharga Rp 500.000,- yang semula anda membeli dengan harga Rp 400.000,- tetap tidak akan mendapat keuntungan. Karena apabila hasil penjualan tersebut dipakai kembali untuk membeli emas, maka tidak akan lebih dari 1 gram emas yang akan anda dapatkan.

Dari ilustrasi diatas, tidak ada laba sedikitpun dari hasil jual beli emas. Meskipun secara rumus anda mendapat laba Rp 100.00,-

2. Menyimpan Emas Tidak Akan Bisa Menambah Asset

Perlu juga diketahui oleh para investor bahwa menyimpan emas tidak akan menambah jumlah asset yang anda miliki. Atau sanggup dibilang anda tidak akan menjadi orang kaya dengan menyimpan emas. Karena sifatnya yang tetap menjadi faktor utama pernyataan ini.

Sebagai ilustrasi jikalau anda mempunyai uang sebesar 1 milyar. Dan dipakai untuk membeli emas batangan. Anda akan mendapat sekian gram emas. Jika dikala itu uang tersebut anda gunakan untuk membeli tanah, anda akan mendapat 4 hektar tanah. Tapi anda menentukan untuk membeli emas.

Setelah 10 tahun, emas yang anda beli dengan harga 1 milyar berniat untuk dijual. Dan karenanya anda jual, uang hasil penjualan bernilai 10 milyar. Mungkin anda beranggapan bahwa itu menguntungkan. Namun jikalau anda gunakan untuk membeli tanah, anda akan tetap mendapat seluas 4 hektar.

Itulah balasan dari pertanyaan "apakah harga emas akan selalu naik ?" dan beberapa hal terkait investasi emas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar