Jumat, 05 Oktober 2018

Lebih Baik Investasi Emas Batangan Atau Emas Komplemen ?


Untuk menentukan jenis emas sebagai investasi, setiap orang tentu akan memiki pendapat yang berbeda-beda. Karena tidak semua orang yang membeli emas semata-mata hanya untuk berinvestasi. Bisa juga membeli emas sebagai life style.
Oleh lantaran itu, iman seseorang terhadap emas batangan atau emas perhiasan sebagai materi investasi akan berbeda-beda pula.

Lalu jenis emas apa yang baik untuk investasi ?

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, akan kami paparkan terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan dari kedua jenis emas tersebut.

1. Emas Perhiasan
Tentu anda tidak abnormal dengan emas perhiasan. Sebagian orang banyak yang lebih paham dan mengerti seluk beluk dari emas perhiasan dibandingkan dengan emas batangan.

"Mengapa demikian ?"

Hal ini terjadi lantaran emas perhiasan sangat gampang ditemui. Hampir di setiap toko emas menyediakan emas jenis ini. Bahkan dikala terjadi komitmen nikah tentu juga menggunakan emas perhiasan.
Lalu apa sih kelebihan dan kekurangan emas perhiasan ?

Kelebihan emas perhiasan

● Praktis Di Dapat

Emas perhiasan sangat banyak tersedia di toko emas. Sehingga tidak heran bila banyak dari kaum hawa yang menggunakan emas jenis ini.
Hal ini merupakan salah satu kelebihan dari emas perhiasan. Yaitu sanggup dengan gampang di dapatkan.

● Sebagai Investasi Dan Perhiasan

Seorang perempuan tentu menginginkan tampil yang sempurna. Sehingga banyak sekali cara dilakukan untuk mempunyai tampilan tersebut. Emas perhiasan juga sering dipakai untuk hal ini. Karena bentuk dan modelnya yang bermacam-macam dan tentunya cantik-cantik.
Sehingga, selain untuk investasi emas jenis perhiasan juga sanggup di gunakan untuk mempercantik diri.

● Model Yang Bervariasi

Selain gampang didapatkan, emas jenis perhiasan ini juga mempunyai bentuk atau model yang beragam. Mulai dari cincin, kalung hingga anting tersedia di toko emas. Sehingga anda sanggup berinvestasi dengan benda yang mungkin menarik buat anda.


Selain kelebihan diatas, emas jenis perhiasan juga mempunyai bermacam-macam kekurangan. Berikut ini beberapa hal yang harus anda perhatikan untuk membeli jenis emas perhiasan :

● Harga Jualnya Relatif Lebih Rendah

Emas jenis perhiasan biasanya mempunyai harga jual yang lebih rendah dibanding dengan emas batangan. Hal ini disebabkan oleh penggunaan emas tersebut. Jika emas batangan biasanya hanya disimpan. Berbeda dengan emas jenis perhiasan yang biasa dikenakan oleh para perempuan untuk aksesoris.

● Membutuhkan Perawatan Khusus

Selain harga jualnya yang lebih murah, emas perhiasan juga membutuhkan perawatan khusus biar tidak kusam dan rusak. Hal ini tentu tidak menguntungkan kalau dipakai sebagai investasi.


2. Emas Batangan
Emas batangan banyak dipilih oleh para investor yang memang membeli emas hanya untuk berinvestasi atau mengamankan asset yang dimilikinya. Hal ini lantaran emas batangan mempunyai keunggulan dari emas perhiasan yang sangat cocok untuk sebuah investasi.
Berikut ini laba emas batangan untuk aktivitas investasi :

● Harga Jual Lebih Tinggi

Salah satu laba emas batangan yakni harga jualnya yang relatif lebih tinggi. Hal ini disebabkan lantaran emas batangan tidak membutuhkan perawatan khusus dan juga design ulang untuk di perjual belikan kembali.

Selain laba diatas, emas batangan tetap mempunyai kekurangan. Berikut ini kekurangan kalau anda menentukan emas batangan untuk investasi :

● Membutuhkan Tempat Penyimpanan

Sebenarnya hal ini juga berlaku untuk emas perhiasan. Namun emas perhiasan masih sanggup diatasi dengan cara memakainya apabila jumlah yang di miliki tidak terlalu banyak. Berbeda dengan emas perhiasan, emas batangan tidak sanggup di pakai dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga membutuhkan daerah penyimpanan.

Namun anda tidak perlu khawatir, lantaran banyak sekali yang mengatakan daerah penyimpanan emas. Contohnya Bank dan Pegadaian. Meskipun anda harus membayar sewa setiap bulannya.

Lalu dari penjalasan diatas apakah anda semakin resah untuk menentukan jenis investasi yang akan anda beli.

"Apakah Emas Batangan Atau Emas Perhiasan ?"

Jika niat anda hanya untuk berinvestasi, maka lebih baik anda menentukan jenis emas batangan. Karena akan lebih kondusif dan tidak terpaut jauh dari harga beli dan harga jual emas.
Namun kalau anda menentukan emas untuk investasi sekaligus life style. Tidak ada salahnya kalau anda membeli emas perhiasan. Namun emas batangan tetap di rekomendasikan untuk investasi dibandingkan dengan emas perhiasan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar