Kamis, 04 Oktober 2018

Cara Mengetahui Perbedaan Cupang Hias Dan Cupang Adu


Perbedaan cupang hias dan cupang laga bergotong-royong sangat banyak. Namun berbagai pemula yang tidak mengerti secara detail perbedaan cupang laga dan cupang hias maupun sebaliknya.

Perbedaan cupang hias dan cupang laga tentu harus anda pahami jikalau anda ialah seorang penggemar ikan cupang. Baik itu cupang laga ataupun cupang hias.
Meskipun pedagang ikan cupang akan memberi tahu perbedaannya. Namun alangkah baiknya jikalau anda mengetahui perbedaannya.

Berikut ini perbedaan ikan cupang hias dan cupang laga :


1. Ikan Cupang Hias

Seperti namanya ikan cupang jenis ini memang di peruntukan untuk hiasan akuarium atau yang lainnya. Ciri khas dari ikan hias tentu mempunyai corak dan sirip yang indah. Sehingga akan mempercantik akuarium di rumah anda.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini ciri-ciri ikan cupang hias :
  • Sirip dan ekor memanjang dan terlihat elok menyerupai gaun 
  • Corak warna cenderung lebih cerah dan cantik 
  • Gerakannya hening dan pelan
  • Jika bertemu sesama ikan cupang lain, sirip dan ekornya mengembang membentuk menyerupai gaun

2. Ikan Cupang Aduan

Ikan cupang jenis aduan tentu berbeda dengan cupang hias. Cupang aduan sengaja di bimbing untuk mempunyai jiwa petarung. Sehingga bentuk fisik atau badan cupang aduan sangat berbeda dengan cupang hias. Inilah perbedaan cupang aduan dengan cupang hias yang paling mendasar.

Berikut ini ciri-ciri ikan cupang aduan :
  • Bentuk cupang aduan cenderung lebih besar dan terlihat seram. Tidak menyerupai cupang hias yang mempunyai sirip dan ekor yang melambai-lambai. 
  • Jika melihat ikan cupang lain, cupang aduan lebih mengatakan gerakan yang sangat agresif. 
  • Bibirnya sangat kokoh dan mengatup rapat. Menandakan giginya yang curang.

Itulah perbedaan fundamental ikan cupang aduan dan hias. Jika anda masih resah ketika membedakan ikan cupang aduan atau cuoang hias, sbenarnya dapat bertanya pribadi kepada penjual. Namun hal ini tidak akan memecahkan duduk kasus jikalau anda akan memulai budidaya cupang.

Untuk cupang hias, biasanya berasal dari spesies Betta Splendes. Untuk jenisnya yaitu serit (crown tail), bulan separuh (halfmoon), laga (plakat), cagak (double tail) dll.
Ikan ini banyak di temukan di Indonesia. Dan juga sangat gampang ditemukan di pasar ikan hias.


Sementara untuk cupang aduan biasanya berasal dari spesies Betta splendensBetta imbellisBetta mahachai. Selain itu banyak juga spesies persilangan dari spesies-spesies tersebut yang juga menghasilkan ikan cupang aduan berkualitas. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar