Jumat, 05 Oktober 2018

Penyebab Harga Emas Selalu Naik Setiap Tahun


Harga emas akan selalu naik setiap tahun. Hal ini yang menciptakan banyak investor melirik emas sebagai instrumen investasinya.
Bukan hanya itu, emas juga populer kebal atau tahan terhadap inflansi. Meskipun harganya fluktuatif.

Mungkin banyak yang telah melihat atau mengamati grafik emas yang tiap tahun menunjukkan pergerakan positif. Dan berfikir mengenai hal berikut.

"Mengapa harga emas selalu naik ?"

Padahal emas bukanlah materi pokok yang diharapkan oleh semua orang. Seperti beras atau minyak goreng misalnya. Lalu apa yang menciptakan harga emas terus mengalami kenaikan ?
Berikut ini penjelasannya.

1. Perilaku Investor

Emas yaitu salah satu jenis investasi yang gampang dan dipilih oleh banyak sekali kalangan. Baik dari kalangan bawah sampai menengah tentu sudah mengerti bahwa emas merupakan salah satu jenis investasi yang sangat aman.

Harga emas cenderung selalu naik dari tahun ke tahun. Hal ini di karenakan emas merupakan salah satu jenis investasi yang berupa barang dengan bentuk penjualan US$/Oz. Yang artinya harga emas sangat kuat terhadap pergerakan atau perubahan nilai dollar.

Coba anda perhatikan, saat Dollar mengalami posisi yang melemah terhadap Rupiah. Maka yang akan terjadi pada harga emas yaitu akan naik drastis. Sehingga dapat di simpulkan bahwa harga emas berbanding terbalik terhadap nilai Dollar AS.
Hal ini disebabkan oleh para investor yang telah menanamkan modalnya terhadap finansial AS atau dapat dibilang disimpan dalam bentuk Dollar beralih ke invesatasi emas. Biasanya pengalihan investasi ini disebabkan oleh penurunan kekuatan finansial dan perekonomian AS.


2. Permintaan Yang Selalu Meningkat

Masih terkait dengan buruknya perekonomian AS dan negara-negara Eropa yang mempunyai dampak besar terhadap perekonomian global. Hal ini akan kuat terhadap investor-investor di seluruh dunia untuk mengamankan assset yang mereka miliki dengan mengubah jenis investasinya.

Tidak hanya investor, namun forum keuangan pemerintah termasuk Bank Sentral juga melaksanakan hal yang sama. Biasanya mereka melaksanakan ini untuk "safe haven" atau istilah sederhananya mengubah investasi mereka dari mata uang AS menjadi emas. Dengan tujuan untuk mengamankan asset atau kekayaan yang mereka miliki.

Dari kasus ini, maka seruan akan emas di pasar dunia pun meningkat tajam. Tentu hal ini tidak sebanding dengan supply emas dari seluruh dunia yang mempunyai pertumbuhan tidak lebih dari 2% setiap tahunnya. Oleh lantaran itu harga emas akan selalu naik.

Hal ini akan terus berlanjut apabila belum ada negara yang mempunyai mata uang dengan jaminan nilai tukar yang kuat menyerupai Dollar AS. Maka harga emas akan di prediksi selalu naik setiap tahunnya.

Negara-negara yang membutuhkan banyak emas yaitu negara-negara makmur. Seperti negara China, Arab dan India. Mereka membutuhkan emas dalam jumlah banyak untuk materi baku mata uang menyerupai Dinnar. Untuk investasi dan juga untuk "safe haven" menyerupai yang dilakukan oleh Bank Sentral negara China.

Itulah penyebab harga emas akan selalu naik setiap tahunnya. Tunggu apalagi, segera investasi emas mulai dari kini untuk mengamankan asset atau kekayaan yang anda miliki.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar