Sabtu, 06 Oktober 2018

Cara Mengobati Penyakit Gurame Atau Hama Gurame

Jenis-jenis Penyakit Gurame
1. Pengobatan Menggunakan Garam Dapur

Pengobatan dengan garam dapur bekerjsama tidak cukup efektif, lantaran kalau hiperbola akan mengakibatkan final hidup pada ikan. Namun cara ini sanggup membantu menghilangkan beberapa parasit. Biasanya cara ini dilakukan di kawasan budidaya sulit mendapat bahan-bahan kimia.

Cara Pengobatan :
  • Siapkan wadah yang telah diisi air higienis sebanyak 100 ML
  • Tambahkan 1 hingga 2 gram garam dapur kemudian aduk hingga rata
  • Ambil ikan yang sakit dan terendam dalam larutan tersebut selama 5 hingga 10 menit
  • Setelah itu pindahkan ikan ke wadah yang berisi air bersih
  • Lakukan pengobatan sebanyak 3 hingga 4 kali dengan cara yang sama

2. Pengobatan Dengan Neguvon

Pengobatan dengan Neguvon ini digunakan untuk penyakit ikan yang disebabkan oleh parasit. Selain itu, materi kimia ini juga sanggup digunakan untuk memberantas hama di dalam kolam. Dengan cara dilarutkan ke dalam air hingga konsentrasi 0,1%.
Lalu disiramkan ke dalam kolom yang telah dikeringkan, biarkan kolam selama 2 hari hingga benalu mati. Setelah itu sanggup dilakukan pengisian kembali dengan air higienis untuk digunakan sebagai budidaya ikan gurame.

Cara Pengobatan Pada Ikan :
  • Siapkan wadah yang telah diisi air higienis kira-kira sanggup digunakan untuk merendam ikan gurame
  • Campuran larutan Neguvon hingga konsentrasi 2 hingga 3,5%
  • Setelah itu rendam ikan gurame ke dalam larutan selama 3 menit kemudian kembalikan ikan ke dalam kolam.

3. Pengobatan Dengan PK

Pengobatan dengan PK merupakan salah satu pengobatan penyakit ikan gurame yang memakai Larutan kimia. PK itu sendiri merupakan Larutan kimia yang berjulukan kalium permanganat, dan sanggup menyembuhkan penyakit ikan gurame yang disebabkan oleh parasit.

Cara Pengobatan Dengan PK
  • Siapkan wadah yang diisi dengan air higienis yang cukup untuk ukuran gurame yang akan di obati. Perbandingan yang ideal gurame : air yaitu 1 : 40 (liter)
  • Campuran larutan PK sebanyak 2 gram per 10 liter air
  • Rendam ikan yang akan diobati dalam larutan tersebut selama 30 hingga 60 menit dengan diawasi secara terus-menerus. Jika ikan mengatakan tanda-tanda keracunan segera pindah kembali ke air segar
  • Jika ikan belum sembuh sempurna, pengobatan ulang dilakukan sesudah 3 atau 4 hari

4. Pencegahan Dengan Vaksin

Cara yang terakhir yaitu pencegahan dengan vaksin. Cara ini digunakan untuk ikan gurame yang terjangkit penyakit lantaran bakteri. Serangan kuman biasanya menyerang badan ikan penggalan dalam, sehingga serangan itu sanggup dicegah dengan cara vaksinasi.
Ikan yang di vaksinasi dengan takaran 10 sel/ml dan ditambah antibiotika mengatakan respon kebal terhadap penyakit.

Vaksin yang biasa digunakan oleh para pembudidaya yaitu jenis vaksin aeromonas strain 26. Vaksin ini telah teruji dan direkomendasikan untuk Anda yang sedang membudidayakan ikan gurame

Itulah cara mengobati penyakit gurame atau hama gurame. Cara diatas merupakan cara umum yang digunakan oleh para petani. Jika anda memakai cara diatas dan ikan belum sembuh, sebaiknya gunakan cara lain atau bertanya kepada jago perikanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar