Jumat, 05 Oktober 2018

Cara Cek Emas Murni Atau Emas Palsu Dengan Gampang

Cara cek emas murni atau palsu sebetulnya sangat mudah. Dan hal ini penting untuk anda ketahui. Karena tidak semua orang mengerti cara mengetahui emas murni atau palsu. Sehingga rentan tertipu oleh pedagang emas yang nakal.

Sebenarnya Anda sanggup membeli emas murni di toko-toko resmi. Seperti Pegadaian atau butik Antam, namun jikalau anda biasa membeli aksesori emas atau emas batangan di toko emas biasa. Tentu anda harus mengecek Apakah emas tersebut orisinil atau palsu.

Hal ini juga berlaku untuk anda yang mungkin mendapat warisan emas batangan atau aksesori emas. Namun tidak ada akta yang membuktikan bahwa emas tersebut orisinil atau emas murni. Sehingga mungkin anda ingin mengetahui apakah emas tersebut merupakan emas murni atau tercampur logam lain.

Oleh alasannya yakni itu, berikut ini cara cek emas murni atau emas palsu yang sanggup anda lakukan :

1. Cara Cek Emas Murni Dengan Membakarnya

Cara cek emas murni atau emas palsu yang pertama yaitu dengan cara mengkremasi emas tersebut. Namun cara ini tidak dianjurkan untuk anda, alasannya yakni akan menciptakan aksesori yang anda miliki menjadi rusak alasannya yakni terbakar. Apabila anda tetap ingin melakukannya, berikut ini cara cek emas murni atau palsu dengan dibakar :
  • Silakan siapkan emas yang akan anda cek keasliannya
  • Gantungkan pada sebuah daerah biar anda tidak harus memegang dengan tangan
  • Bakar dengan korek api atau dengan benda penghasil api lainnya selama kurang lebih 3 hingga 5 menit
  • Setelah itu lihat hasil yang terjadi

Apabila emas berwarna merah menyala dan tidak meninggalkan warna hitam, kemungkinan besar emas tersebut yakni emas murni. Namun apabila emas yang dibakar meninggalkan warna hitam maka kemungkinan besar emas tersebut bukanlah emas murni atau sanggup dibilang aksesori yang terbuat dari gabungan emas dan logam lain.


2. Cara Cek Emas Murni Dengan Cara Visual

Cara lain yang sanggup anda lakukan untuk mengecek keaslian atau  kemurnian emas yaitu dengan cara visual atau pribadi melihat emas tersebut.
Biasanya dalam emas tersebut akan tercantum cap yang menunjukan bahwa Mas tersebut murni. Dalam karat akan terdapat goresan pena ( 10K , 14K , 18K , 22K atau 24K ). Atau dalam fineness ( 1-999 atau 0.1-0.999).

Namun apabila anda membeli emas dalam jumlah yang sangat kecil, mungkin ucap ini tidak terlihat. Sehingga anda perlu memakai beling pembesar untuk melihat cap keaslian emas.

3. Cara Cek Emas Murni Dengan Cara Di Gosok

Cara cek emas yang lainnya yakni dengan cara di gosok. Anda sanggup menggosok emas tersebut memakai tangan. Jangan memakai kain.

Setelah emas tersebut anda gosok memakai tangan, maka akan terlihat keaslian emas yang sedang anda cek. Jika tidak terjadi perubahan warna setelah anda menggosoknya, coba cari bab emas atau aksesori yang sering terkena kontak dengan benda lainnya. Misal pada ujung atau tepian emas. Gosok kembali secara perlahan. Apabila terjadi perubahan warna, kemungkinan besar emas tersebut terbuat dari gabungan materi lain. Jika tidak terjadi perubahan warna, mungkin emas tersebut emas murni.


4. Cara Cek Emas Murni Dengan Cara Di Gigit

Mungkin anda sering melihat atlet yang mendapat medali emas sering menggigit emasnya. Atau melihat ada orang yang sedang membeli emas dan menggigitnya. Mungkin mereka sedang melaksanakan pengecekan untuk mengetahui apakah emas yang di sanggup yakni emas murni atau emas dengan gabungan materi lain.

Jika emas yang digigit memperlihatkan bekas gigitan, maka emas tersebut kemungkinan emas murni. Semakin dalam bekas gigitan sanggup jadi semakin baik.

Namun cara ini tidak direkomendasikan, alasannya yakni hal ini mungkin saja akan menciptakan anda terluka. Atau tidak di perbolehkan oleh pemiliki toko emas jikalau anda sedang membeli perhiasan. Selain itu, materi timbal juga lunak menyerupai emas. Sehingga jikalau anda menemui emas yang tercampur materi timbal maka akan tetap lunak menyerupai emas murni.


5. Cara Cek Emas Murni Dengan Menghitung Massa Jenisnya

Cara cek emas murni atau palsu yang selanjutnya yaitu dengan melaksanakan pengecekan terhadap massa jenis emas tersebut. Massa jenis emas murni 24k yaitu sekitar 19,3 g/ml.
Sehingga anda sanggup menghitungnya dengan memakai rumus berikut :
Massa Jenis = Massa (g) / Volume (ml) 
Untuk cek emas murni atau palsu dengan mengukur massa jenisnya silahkan lakukan aktivitas berikut ini.
  • Siapkan gelas ukur ml 
  • Isi dengan air 
  • Ambil emas yang akan anda cek
  • Masukkan emas ke dalam gelas ukur, catat volume sebelum dan setelah emas di masukkan
  • Setelah itu hitung memakai rumus diatas
  • Jika hasil yang didapat menyerupai tetapat massa jenis emas murni maka sanggup dikatakan bahwa emas yang anda cek yakni emas murni. 
Dalam tetapan massa jenis emas berbeda-beda. Tergantung tingkat kemurnian emas. Berikut ini tetapan massa jenis emas menurut tingkat kemurnian emas tersebut :
  • Emas 14K = 12,9-14,6 g/ml
  • Emas 18K kuning = 15,2-15,9 g/ml, 
  • Emas 18K putih = 14,7-16,9 g/ml da
  • Emas  22K = 17,7-17,8 g/ml.
  • Emas 24K = 19,3 g/ml

6. Cara Cek Emas Murni Menggunakan Keramik

Cara termudah untuk cek emas murni yaitu dengan memakai keramik. Anda sanggup mencari benda dari materi keramik. Lalu gosokkan emas atau aksesori yang akan anda cek kemurniannya.
Jika terdapat bekas gesekan warna hitam atau warna gelap lainnya pada permukaan keramik. Maka sanggup di simpulkan bahwa emas tersebut bukanlah emas murni.


7. Cara Cek Emas Murni Menggunakan Nitric Acid

Cara cek emas murni kali ini sanggup disebut juga dengan "cek keasaman". Ini yakni cara paling di rekomendasikan untuk mendapat hasil pengecekan emas atau aksesori yang akurat. Karena tidak menimbulkan kerusakan pada logam mulia tersebut.

Namun cara ini sangat berbahaya, sehingga tidak sembarang orang di perbolehkan untuk memakai cara ini. Sebaiknya anda sanggup meminta derma dari penjaga toko emas yang akan anda beli.

Caranya sebagai berikut :
  • Letakkan emas pada wadah stainless 
  • Setelah itu, berikan tetesan larutan asam nitrat
  • Lihat reaksi yang terjadi 
  • Apabila reaksi berwarna hijau, memperlihatkan logam tersebut yakni besi yang dilapisi emas
  • Apabila reaksi berwarna emas, memperlihatkan bahwa logam tersebut yakni kuningan yang dilapisi emas
  • Apabila reaksi berwarna susu, memperlihatkan logam tersebut yakni perak yang dilapisi emas 
  • Apabila tidak terdapat reaksi, besar kemungkinan logam yang di cek yakni emas murni. 
Itulah cara cek emas murni atau cara mengetahui emas orisinil atau palsu. Sebenarnya cara ini tidak perlu anda lakukan apabila terdapat akta yang memperlihatkan infomasi terhadap emas tersebut. Namun terkadang memang seseorang mempunyai rasa ingin tau yang berlebih sehingga tetap melaksanakan uji tes kemurnian emas tersebut.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar