Selasa, 02 Oktober 2018

Pakan Benih Lele Menurut Umur Yang Di Rekomendasikan

Ilustrasi

Dalam perjuangan pembenihan ikan lele, tentu anda harus mengetahui jenis pakan yang diperlukan oleh benih lele tersebut. Karena dalam pembenihan ikan lele, salah satu faktor yang memilih keberhasilan ialah pakan dan kualitas airnya.

Pakan untuk benih lele menurut umurnya tentu berbeda-beda. Karena benih lele biasanya tidak eksklusif di berikan pakan pabrikan. Namun ada juga pembudidaya lele yang menunjukkan pakan pabrikan pada benih lele yang dibudidayakannya.

Pada habitat alaminya, benih lele memakan cacing dan serangga air lainnya menyerupai plankton dan jentik nyamuk.
Plankton inilah yang paling cocok untuk pakan benih lele. Karena mengandung banyak protein. Biasanya plankton dari keluarga Protozoa (ciliata, arcella, diffugia, vrticella).

Jika anda sedang membudidayakan ikan lele. Terutama yang bergerak dibidang pembenihan ikan lele. Berikut ini pakan benih lele menurut umur yang direkomendasikan untuk anda :

1. Pakan Benih Lele Umur 1 - 4 Hari 

Benih lele pada umur kurang dari 4 hari masih mempunyai cadangan masakan yang tersimpan di kantung pakan yang terletak dibawah bab perutnya. Pakan tersebut merupakan kuning telur sisa penetasan sebelumnya. Sehingga, benih ikan lele umur kurang dari 4 hari tidak perlu di berikan pakan. Cukup memanfaatkan kantung cadangan masakan yang ada pada benih ikan lele tersebut.

2. pakan Benih Lele Umur 5 - 15 Hari 

Pada umur ini benih lele mulai diberikan pakan tambahan. Namun pakan pelengkap yang diberikan sebaiknya pakan alami. Biasanya banyak pembudidaya ikan lele yang meberikan pakan cacing sutera atau cacing darah.

Kedua pakan ini sangat di rekomendasikan untuk benih lele umur 5 - 15 hari. Pemberian bisa dilakukan sebanyak 2 kali dalam sehari.


3. Pakan Benih Lele Umur 16 - 25 Hari 

Benih lele pada umur 16 - 25 hari mulai dikenalkan dengan pakan buatan. Hal ini dilakukan biar benih lele mempunyai kemampuan pembiasaan yang baik terhadap pakan yang diberikan. Selain itu biar mendapat asupan protein yang cukup untuk kebutuhan pertumbuhannya. Biasnya diberikan pakan pellet yang berbentuk tepung atau bubuk.

4. Pakan Benih Lele Umur 26 - 30 Hari 

Ini ialah fase dukungan pakan lanjutan pada pembenihan ikan lele. Pakan yang diberikan berupa pakan pabrikan dengan kandungan protein yang tinggi.

Biasanya para pembudidaya menunjukkan pakan pellet F-1000. Pakan ini merupakan jenis pellet yang mempunyai ukuran kecil. Dan diberikan sebanyak 3 kali dalam sehari. Yaitu pada pagi hari, siang hari dan malam hari.

5. Pakan Benih Lele Umur 31 - 40 Hari 

Untuk usia ini, benih lele menjalani tahap final dalam pembesaran di bak benih. Dan segera dipindah ke bak pembesaran atau bak komersil. Untuk pakan yang bisa anda berikan yaitu jenis pakan pellet F-999.

Sebagai catatan, kalau anda sulit untuk menemukan cacing sutera atau cacing darah sebagai pakan benih ikan. Alternatif yang bisa dilakukan ialah dengan menunjukkan pakan berupa kuning telur yang dimasukan ke dalam kain. Setelah itu masukan ke dalam kolam.

Jika anda memakai kuning telur sebagai alternatif cacing sutera dan cacing darah. Sebaiknya anda lebih insentif dalam melaksanakan kontrol terhadap kualitas air di bak pembenihan.

Yang terpenting dalam menunjukkan pakan pada benih lele ialah kandungan proteinnya. Sebaiknya gunakan pakan yang mempunyai kandungan protein biar pertumbuhan benih menjadi maksimal.

Itulah pakan benih ikan lele menurut umur yang bisa anda gunakan. Berikan pakan yang berkualitas biar mendapat benih yang berkualitas pula.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar