Sabtu, 06 Oktober 2018

Ciri-Ciri Ikan Gurame Yang Sedang Stress


Ciri-ciri ikan gurame yang sedang stress sanggup dilihat dari tubuhnya dan juga sanggup dilihat dari gerakannya. Ikan stress merupakan hambatan utama pada budidaya ikan jenis konsumsi. Karena ketika ikan yang dibudidayakan mengalami stress, masa pertumbuhannya akan sangat usang dan bahkan mengalami kematian. Lebih parahnya lagi ikan tersebut sanggup menularkan penyakit terhadap ikan lainnya, sehingga anda perlu memperlihatkan penanganan yang lebih lanjut.

Cara melihat ikan gurame yang sedang stress sebetulnya sangat mudah. Yang terpenting anda selalu memperhatikan dan mengontrol ikan gurame yang sedang anda budidaya.

Berikut ini ciri-ciri ikan gurami yang sedang stress :

1. Sering Muncul ke Permukaan Air

Ikan gurami yang sedang stress akan lebih sering muncul ke permukaan air. Namun anda juga harus jeli, alasannya yaitu ikan gurame juga sering muncul ke permukaan air untuk mengambil oksigen. Meskipun ikan gurame tersebut tidak mengalami stress

Perbedaan ikan gurame yang sedang stress dan tidak pada ketika muncul ke permukaan air. Yaitu ikan gurame yang sedang stress akan muncul lebih usang dan lebih sering dibandingkan dengan ikan gurame yang tidak mengalami stress. Biasanya ikan gurame yang tidak mengalami stress kawasan munculnya ke permukaan air tidak selalu statis atau berpindah-pindah.

Untuk ikan gurame yang sedang mengalami stress, maka ketika ikan tersebut muncul ke permukaan air tempatnya tidak berpindah-pindah atau hanya di kawasan itu saja. Selain itu insang ikan gurame yang sedang stress terlihat ibarat terengah-engah, bertanda membutuhkan oksigen yang sangat banyak.

2. Menggosokkan Tubuh di Pinggir Kolam

Salah satu ciri-ciri ikan gurame yang sedang stress yaitu sering menggosok-gosokkan tubuhnya di pinggir kolam. Hal ini dilakukan ketika ikan sedang terserang penyakit parasit. Sehingga ikan tersebut berusaha untuk mengatasinya dengan cara menggosokkan badan di salah satu cuilan kolam.

Hal ini patut anda waspadai. Karena kalau terlalu usang ikan berperilaku ibarat itu, yang dikawatirkan badan ikan akan mengalami luka dan mengakibatkan penyakit yang baru.h

3. Tidak Nafsu Makan

Ciri-ciri ikan gurame yang sedang stress selanjutnya yaitu ikan gurame tidak nafsu makan. Meskipun ikan tersebut berada di erat masakan yang sedang anda berikan. Ikan tidak akan memakannya.

Buasanya ketika anda memperlihatkan pakan pelet. Kemungkinan besar ikan gurame yang sedang mengalami stress tidak mau makan. Meskipun anda melemparkan pelet atau pakan jenis lainnya di dekatnya.

Biasanya ikan tersebut hanya akan muncul di permukaan air ibarat ketika mengambil oksigen. Berbeda dengan ikan yang tidak mengalami stress. Ketika anda melemparkan pakan di dekatnya, maka ikan tersebut akan muncul ke permukaan air untuk mengambil pakan tersebut.

4. Sirip Ikan Menguncup

Ciri-ciri ikan gurami yang sedang mengalami stres dan sering terlihat yaitu pada cuilan sirip ikan gurame tersebut. Biasanya ikan gurame yang sedang mengalami stress siripnya akan terlihat menguncup dan tidak bangun tegak.

Ciri-ciri ikan yang sedang stress kali ini juga berlaku pada semua jenis ikan. Termasuk jenis ikan hias yang ada di akuarium.

5. Berdiam Diri di Pinggir Kolam

Salah satu ciri-ciri ikan gurame yang sedang mengalami stress yaitu ikan gurame akan berdiam diri di pinggir kolam. Hal ini terjadi alasannya yaitu ikan tersebut sedang mengalami stress dan berusaha mencari air yang jernih. Sertaencari kawasan yang mempunyai kandungan Oksigen melimpah.

Biasanya ketika ikan mengalami hal ibarat ini, pada ketika terdapat gangguan dari sekitar bak termasuk anda. Maka ikan tersebut akan pribadi berenang ke tengah atau ke dasar kolam. Lalu menjauh dari gangguan tersebut.
Setelah beberapa usang ikan tersebut akan kembali lagi ke kawasan semula.

Itulah beberapa ciri-ciri ikan gurami yang sedang mengalami stress. Jika anda seorang pengusaha budidaya ikan gurame. Sebaiknya ciri-ciri ikan gurame yang sedang mengalami stress ini sanggup anda pahami. Karena kalau dibiarkan akan menciptakan pertumbuhan ikan gurame menjadi lebih lambat atau bahkan mati. Tentu akan merugikan perjuangan anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar